Markaz Arabiyah.com-

Membuka awal Ramadhan kali ini Markaz Arabiyah sudah disibukkan dengan mempersiapkan acara yang disambut setiap satu kali satu tahun. Tentunya setiap tahun selalu berbeda-beda acara yang digelar dan selalu ada peningkatan.

Tepat pada hari Ahad, (10/4/2022) Pukul 15:30 WIB Markaz Arabiyah Gelar Seminar Nasional dalam rangka memperingati Dies miladis ke-4 Dengan Tema ” Urgensi dan potensi sukses bagi pelajar Bahasa Arab di era Milenial”

Acara Seminar Nasional tersebut. Dibuka dengan kalam ilahi oleh Akhi Sunjaya tak lupa moderator yang kece dan shaliha Ustazah Rahmawati S.Pd sebagai pemandu acara Seminar Nasional tersebut, selanjutnya diteruskan dengan lagu Indonesia dan  lagu kebangsaan Markaz Arabiyah dengan diregen ukhti Lulu dari kelas Minha Mesir.

 Beralokasi Di Auditorium Asy-Syarif Abdullah Baharun dijalan Cempaka, No. 17, Tegalsari, Tulungrejo, Kec. Pare, Kediri, Jawa Timur. Acara ini berlangsung offline dan juga Online via Zoom.

Apa Markaz Arabiyah? “

Tepat pada tanggal (11/4/2018) lalu Markaz Arabiyah berdiri dengan segala keterbatasan fasilitas, diatas tanah orang lain yang kita sewa, segala susah payah dijalani namun pada akhirnya sampai ketitik ini. Dan Alhamdulillah kami telah menjalani Relasi internasional yang berhasil di laksanakan di Universitas Of Sudan dan Universitas alwashatiyah Yaman”. Ucap Pengelola Markaz Arabiyah yakni Ustadz Miqdar Khoir Syarofit Lc,. M.Pd beliau adalah (Manajer Studi Timur Tengah dan Eropa – Markaz Arabiyah)

Markaz Arabiyah sangat beruntung karena telah mendapati tamu istimewah yang berkesempatan hadir dan telah meluangkan waktu untuk menjadi Pemateri Seminar Nasional.

Nara Sumber Seminar Nasional Markaz Arabiyah hari ini yakni: Prof. Drs. Muhaiban Guru Besar Pendidikan Bahasa Arab universitas Negeri Malang

Sekilas Profil tentang beliau adalah seorang Penulis dengan berbagai macam judul buku yang sudah banyak sekali yang diterbitkan, dan selama menjadi Dosen di Universitas Negeri Malang beliau juga pernah mendapatkan gelar sebagai Dosen teladan. Masyaallah itulah sekilas profil beliau jika dituliskan maka tidak akan ada selesai-selesainya.

Bahasa Arab adalah bahasa Internasional, jika kita sudah mengetahui bahwasanya Bahasa Arab adalah bahasa Internasional seharusnya, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mempelajari Bahasa Arab. Ucap Moderator pada hari ini Ustazah Rahmawati S.Pd

Penyampaian dari ketua Panitia”Selaku ketua Panitia saya mengucapkan banyak maaf atas ketidaknyamanan dan segala fasilitas yang kami sediakan yang mungkin kurang memadai di Auditorium Markaz Arabiyah ini. Dan saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Direktur Markaz Arabiyah dan seluruh Asatizd dan segenap Panitia Seminar Nasional ini yang sudah mengorbankan waktu dan tenaga untuk membantu bersama-sama mengsukseskan acara Seminar tersebut di dalam bulan suci Ramadhan ini”. Ucap Ustadz Syakur S.Pd

Seminar Nasional Berlangsung ” Bahasa Arab itu bahasa yang paling tua dan masih eksis sampai sekarang, dan banyak juga  bahasa yang telah punah, dan kalau ada yang mengatakan Bahasa Arab itu Sulit itu bohong, Karena bahasa Arab sudah di jamin Oleh Allah SWT itu untuk dimudahkan. Ucap Prof. Drs. Muhaiban

Potensi sukses di era Milenial Bisa menjadi Penerjemah “ Tour Guide, Arabic Youtuber, Arabic Vlogger, serta harus rajin menulis, menulislah setiap hari, serta jadikan syi’ar apa yg ditulis.

 Kenapa setiap hari harus menulis? Agar memudahkan belajar Bahasa Arab baik secara lisan dan tertulis.  Tulis apapun yang kalian dengar dari hari kehari serta Tulis apa yang besok yang akan anda lakukan, agenda yang akan dilakukan, atau tulis apa yang anda lihat, Tulis apa yang kalian  dengar, pada kondisi yang tak menentu kalian juga harus menulis bertemu pagi, siang, malam dan seterusnya sehingga anda akan terlatih  untuk mengarang insya (pelajaran mengarang) Dan anda akan merasakan menulis itu sulit, tapi tulis aja kalau sudah mendapatkan satu halaman, maka akan  timbul kan inspirasi salah nya dimana. Jelas Narasumber.

Acara seminar Nasional tersebut disambut dengan beberapa pertanyaan dari santri Markaz Arabiyah dan sangat antusias dalam menanggapi pemaparan  materi yang disampaikan, sehingga ada banyak pertanyaan yang belum terjawab. Acara selesai ditutup dengan pemberian Cendramata dari Team Panitia Markaz Arabiyah untuk Narasumber.

Dan ada hal yang istimewah bahwasannya Prof. Drs. Muhaiban juga memberikan cendramata untuk Markaz Arabiyah berupa Buku yang ditulis oleh beliau sendiri, dan juga ada buku Motivasi yang diberikan supaya jadi kenang-kenangan ucapnya.

Terimakasih atas ilmunya Bapak prof. Drs. Muhaiban semoga berkah dan bermanfaat baut kami semua dan semoga berkesempatan untuk bertemu kembali dalam ranah pendidikan aamiin.