Lima Manfaat Belajar Bahasa Arab

Tren poliglot kian diminati oleh generasi milenial, terutama setelah boomingnya sosok Fiki Naki, influencer yang menguasai lima bahasa sekaligus, Bahasa Indonesia, Inggris, Rusia, Spanyol dan Romania. Kita tentu mengetahui belajar bahasa asing juga menjadi kebutuhan pokok, terutama di perkuliahan yang sekarang mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki lisensi sertifikat TOEFL, IELTS ataupun TOAFL.

Namun, pembicaraan kali ini kita fokuskan pada lokus bahasa Arab, selain sebagai bahasa yang digunakan oleh Rasulullah dan al Qur’an, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional yang merupakan salah satu bahasa internasional yang diresmikan oleh organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB yaitu UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tanggal 18 Desember 1973 dan menjadi bahasa ke-6 dari urutan bahasa internasional UNESCO.

Dan berikut adalah lima kemanfaatan yang akan Anda dapatkan dalam mempelajari bahasa yang akrab diakronimkan dengan huruf “Dlad” ini:

1. Otomatis mempelajari Al- Qur’an

Merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi manusia, naha salah satu keutamaan bahasa Arab adalah karena bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an. Keistimewaan bahasa Arab Dalam Firman Allah SWT pada surat Az Zumar:

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّا سِ فِيْ هٰذَا الْقُرْاٰ نِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَّعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ 

قُرْاٰ نًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِيْ عِوَجٍ لَّعَلَّهُمْ يَتَّقُوْ

“Dan sungguh, telah Kami buatkan dalam Al-Qur’an ini segala macam perumpamaan bagi manusia agar mereka mendapatkan pelajaran. (Yaitu) Al-Qur’an dalam bahasa Arab, tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa.”(QS. Az-Zumar 39: 27- 28)

Sumber ayat Al -Qur’an Dikutip dari “Via Al-Qur’an Indonesia https://quran-id.com”

Hal ini cukup kuat untuk menjadi alasan mengapa harus diwajibkan mempelajari bahasa Arab. 

2. Lebih mempermudah dalam memahami Al-Qur’an

Dengan menguasai bahasa Arab, kita akan lebih mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an Serta memahami isi dari Al-Qur’an tersebut. Dengan mempelajari bahasa Arab kita juga dapat memahami islam sebaik- baiknya melalui Al-Qur’an. 

3. Mempermudah memahami ajaran Islam

 Seseorang yang paham bahasa Arab akan lebih mudah dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan tentang ajaran Islam, ditambah dengan memahami kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan sangat membantu untuk memahami ajaran islam. Apalagi jika kita sebagai Motivator Islami, Pendakwah, serta yang ingin menjadi Guru Pendidikan Agama Islam tentu lebih sangat dianjurkan untuk mempelajari bahasa Arab tersebut agar saat kita menyampaikan ataupun memberikan pemahaman agama pada peserta didik, tidak kesulitan mencari sumber pemahaman ilmu agama yang benar. Untuk itu belajar bahasa Arab sangat dianjurkan.

4. Memudahkan kita menggali ilmu dari ulama

Seseorang yang mahir berbahasa Arab akan sangat memudahkan menggali ilmu dari ulama baik dari membaca berbagai macam karya ulama maupun belajar secara langsung. Merupakan suatu keistimewaan sekali apabila berkesempatan belajar langsung dengan ulama. Banyak sekali keistimewaan belajar bahasa Arab.

5. Bahasa Arab menentramkan jiwa

Masyaallah Bahasa Arab adalah bahasa yang lembut dan lebih menyejukkan hati serta menentramkan jiwa, karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia.

Mempelajari bahasa Arab adalah bahasa yang paling luas “kosa katanya”, dan yang paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, bahasa Arab juga merupakan bahasa dari Al-Qur’an. 

 

 

1 komentar untuk “Lima Manfaat Belajar Bahasa Arab”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *